Alert, 7 Symptoms Of Brain Tumors That Patients Often Ignore

ISL4M.COM, TANJUNG ENIM - Tumor otak merupakan suatu kondisi yang terjadinya dimana sel-sel tumbuh secara abnormal di dalam otak. Tumor otak dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti terkena paparan radiasi, dan riwayat keluarga dengan tumor otak. Meski tergolong penyakit yang cukup serius, dan bisa menyebabkan kematian, penyakit tumor otak ini masih bisa disembuhkan lho, tentunya dengan catatan bahwa tumor telah terdeteksi sejak dini. Jika tumor sudah berubah menjadi kanker, dan terlanjur menyebar ke organ tubuh yang lain, akan sulit untuk disembuhkan.

Namun penyakit tumor otak ini, gejalanya sering tidak disadari oleh penderitanya, dan cenderung diabaikan jika salah satu gejalanya timbul, sehingga penyakit ini kerap terdeteksi saat sudah berada di stadium lanjut. Nah, agar kamu segera mendapatkan penanganan medis yang tepat, segera waspadai gejala-gejala yang biasa terjadi karena tumor otak, dan segera periksakan diri ke dokter, jika kamu merasakan gejala-gejala seperti yang ada dibawah ini.

1. Sakit kepala
Waspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Gejala yang paling sering dialami penderita tumor otak adalah sakit kepala. Sekitar 50% penderita tumor otak, akan merasakan sakit kepala yang semakin memburuk setiap harinya. Tumor pada otak menyebabkan tekanan pada saraf sensitif dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan timbulnya sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak, biasanya menimbulkan sakit yang cukup intens, tetapi berbeda dengan sakit yang dirasakan saat migrain.

Selain itu, sakit kepala juga biasanya akan datang menyerang di pagi hari, yang terkadang juga disertai dengan gejala lainnya seperti muntah atau gejala neurologis yang baru.

2. KejangWaspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Selain sakit kepala, para penderita tumor otak juga akan merasakan gejala lainnya, seperti kejang. Kejang terjadi karena tumor otak mendorong sel-sel saraf di otak, yang akhirnya menganggu sinyal listrik, yang akhirnya berujung timbulnya kejang. Sekitar 50% penderita tumor otak akan merasakan gejala ini, minimal satu kali.

3. Perubahan suasana hatiWaspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Selain dapat merasakan sakit kepala dan kejang, penderita tumor otak juga akan mengalami gejala, berupa perubahan suasana hati. Tumor otak dapat mengganggu fungsi otak, yang nantinya akan menyebabkan perubahan suasana hati, seperti dari yang awalnya pribadi aktif, berubah menjadi pribadi yang pasif, serta juga lebih mudah marah, dan mood yang tiba-tiba berubah dalam waktu yang sangat singkat.

4. Mudah lupa dan sulit berkonsentrasiWaspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Penderita tumor otak biasanya juga mengalami gejala berupa mudah lupa, dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Masalah memori (ingatan) disebabkan oleh tumor di bagian lobus frontal atau temporal. Tumor di lobus frontal tersebut akan mempengaruhi nalar lho guys, serta juga membuat penderitanya kesulitan dalam mengambil keputusan.

Selain itu, penderita tumor otak juga akan mengalami beberapa gejala lainnya, seperti sering kebingungan terhadap hal-hal yang sederhana, kesulitan merencakan sesuatu, dan mengalami masalah memori jangka pendek.

5. Mual dan muntahWaspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Penderita tumor yang berada di stadium awal, biasanya akan merasakan gejala berupa mual dan muntah, yang terjadi karena tumor otak mengganggu keseimbangan hormon. Selain itu, penderita tumor otak juga akan mengalami mual dan muntah akibat dari efek samping perawatan kanker, seperti kemoterapi.

6. Kelelahan
Waspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Selain merasa mual dan muntah, penderita tumor otak juga bisa mengalami gejala lainnya, seperti kelelahan. Penderita tumor otak terkadang mengalami kelelahan yang cukup berat hingga sepanjang waktu, yang mengakibatkan penderitanya sering tertidur di tengah hari, dan mudah tersinggung.

7. Kelemahan dan mati rasaWaspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya
Selain merasakan gejala berupa kelelahan, penderita tumor otak terkadang juga mengalami gejala berupa kelemahan dan mati rasa. Beberapa jenis tumor otak dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada bagian tangan dan kaki. Hal tersebut cenderung terjadi hanya pada salah satu sisi tubuh saja, dan merupakan tanda adanya tumor di bagian otak tertentu. Selain itu, kelemahan pada salah satu bagian tubuh, juga bisa terjadi karena tubuh yang berusaha melawan tumor tersebut.

Nah, itulah tujuh gejala tumor otak yang sering diabaikan penderitanya. Sebaiknya jika kamu mengalami salah satu dari tujuh gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semakin cepat tumor otak ditangani, maka semakin besar juga peluang kesembuhannya. Semoga bermanfaat ya!

Share on Google Plus

About Romadhon Online

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment